Memelihara daya saing

02Mar09

Setelah sebuah perusahaan sukses dalam meluncurkan produk dan dapat bertahan bahkan memenangkan persaingan pasar, perusahaan tersebut tidak boleh terlena dan melalaikan apa yang membuatnya unggul dalam persaingan. Manajemen mutu dalam berbagai bentuk yang dilakukan secara berkelanjutan sangat dibutuhkan dalam memelihara sumber keunggulan bersaing ini. Perusahaan yang terlalu yakin bahwa ia adalah brand leader dan melalaikan layanan (salah satu bagian dari manajemen mutu), akan segera kehilangan keunggulan bersaingnya. Kita dapat mengambil pelajaran berharga dari pengalaman pahit Caterpilar (perusahaan alat berat) dan IBM (perusahaan komputer). Keduanya adalah market leader di industri masing-masing yang terpaksa menyerah pada pesaingnya karena pada suatu masa mereka terlalu percaya diri dan mengabaikan layanan. Kekalahan akibat kelalaian mereka tersebut sampai saat ini sulit dikejar kembali. Layanan yang dimaksud disini meliputi layanan purnajual,dukungan teknis, paket finansial, dan sebagainya.

Memelihara daya saing akan menjadi tantangan keseharian. Hal ini akan mendorong Anda untuk melihat kembali rencana anda dan berupaya untuk memprediksi kecenderungan dan perubahan dalam industri yang akan datang dan apa yang perusahaan dapat lakukan untuk tetap berada dalam bisnis ini. Ini akan menuntut Anda agar melacak pergerakan pesaing secara kontinu untuk memprediksi pergerakan masa depan. Anda juga perlu mengakui bahwa seiring perjalanan waktu kebutuhan pelanggan akan berubah ke dalam berbagai variasi keadaan. Perusahaan anda harus fleksibel dan mau berubah menghadapi situasi ini.

Dalam konsep hypercompetition D’Aveni, bahkan memelihara keungulan bersaing bukan hanya tentang menjadi lebih baik dari pesaing, namun bagaimana perusahaan dapat menggunakan ide-ide baru untuk menghasilkan keunggulan bersaing jangka pendek yang baru, menghancurkannya, dan menghasilkan lagi yang baru dan berbeda. Semua itu dilakukan agar keunggulan bersaing tidak dapat ditiru oleh pesaing. Kepekaan terhadap perubahan dan fleksibilitas sangat dibutuhkan dalam situasi pasar hypercompetition.



One Response to “Memelihara daya saing”

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: